fbpx

TIPS SELALU BERSYUKUR

1. Lapang Hati dan Tidak Berkeluh Kesah Dalam Melewati Setiap Episode Hidup

Mengeluh bukanlah solusi dari permasalahan hidup. Dengan berbuat seperti itu kamu secara tidak langsung mendeklarasikan ketidakberdayaan diri untuk melangkah memperbaiki hidupmu. Jangan pernah membatasi diri untuk berhenti melangkah apa pun risiko dan medannya.

Dengan tidak berkeluh kesah, kita menjadi pribadi yang dapat mensyukuri segala nikmat yang telah dikaruniakan ilahi. Setiap lembaran hari adalah misteri yang tidak pernah kita tahu bagaimana permulaan dan ujungnya, maka berdoa dan bersyukur atas segala pemberian Tuhan adalah bentuk kerendahan hati dari seorang hamba yang selalu bergantung pada-Nya.

 

2. Selalu Mengingat Nikmat yang Allah Berikan Setiap Waktu Pada Kita

Coba bayangkan sejenak, bagaimana kondisi kita dari tidak ada menjadi ada dan hadir ke dunia ini. Sejak dalam kandungan hingga kita lahir,  siapa yang menjaga dan memberi kita kehidupan kalau bukan Sang Maha Pencipta. Setelah sekian banyak rezeki yang Tuhan berikan pada kita, sudah seharusnya kita memperbanyak syukur kepada sang Maha Pencipta.

Nafas yang kita hirup,  jantung yang terus berdetak,  hingga organ-organ tubuh yang berfungsi dengan baik adalah nikmat pemberian Allah yang patut kita syukuri. Entah apa jadinya jika Allah meminta kita untuk membayar setiap hela nafas yang kita hirup,  mungkin seluruh manusia di muka bumi tidak kuasa untuk membayarnya.

Demikianlah kekuasaan Allah yang tanpa batas, kita sebagai manusia yang lemah jangan sampai melupakan rasa syukur di setiap aspek kehidupan kita.

 

3. Senantiasa Berderma Pada Orang yang Membutuhkan Meskipun Hidup Serba Kekurangan

Berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan adalah obat hati,  dengan begitu kita merasa lapang dan lebih bersyukur atas segala nikmat yang telah Tuhan beri. Kita mungkin pernah atau sering berpas-pasan dengan orang papa yang untuk makan saja sulit, atau saudara kita yang fakir yang sulit untuk mencari nafkah karena didera sakit keras. Banyak orang di sekitar kita yang butuh uluran tangan dan mungkin nasibnya lebih memprihatinkan dari pada kita.

Dengan demikian, jangan ragu untuk berbagi sebagai bentuk rasa syukur kita dalam mengarungi hidup ini. Tak perlu khawatir rezeki berkurang dengan berbagi, sekalipun hidup kita serba kekurangan dan sulit. Karena bersedekah atau berbagi kepada orang lain punya nilai istimewa di mata Allah.

 

4. Tanamkan Dalam Pikiran Bahwa Kehidupan Ini Tak Abadi Sehingga Kita Selalu Bersyukur Atas Kehidupan yang Kita Lalui

Ketidakabadian adalah hakikat kehidupan duniawi. Semua yang kita miliki tak kan selamanya bersama,  karena akan ada ujung yang mengakhiri itu semua,  yakni kematian.  Misteri yang hanya Allah yang tahu kapan kepastiannya. Dengan memaknai hidup seperti itu, hati kita akan semakin merendah karena kita telah memakai konsep bukan empunya pada semua hal yang kita miliki hari ini. Alhasil, setiap hal yang kita temui dan kita punya hari ini hanya perlu kita syukuri dan kita jaga,  karena semuanya titipan ilahi.

Cobalah untuk menepi sejenak merenungi hidup yang sudah kita jalani selama ini. Apakah kita sudah berbuat kebaikan kepada orang lain? Atau malah sebaliknya kita lebih memilih mementingkan diri sendiri daripada berbuat hal bermanfaat untuk sekitar kita.

Selagi masih hidup dan diberi kesempatan untuk berbenah diri, sebaiknya kita mulai untuk mensyukuri segala nikmat dari semua yang kita lalui di dunia fana ini. Dengan begitu rasa syukur akan terpatri dalam hati sehingga apa pun kondisi yang menerpa kita, kita siap untuk menghadapi dan menerimanya dengan lapang.

 

5. Berserah Diri Atas Segala Rencana yang Allah Berikan

Cara bersyukur lainnya yakni dengan berserah diri pada setiap skenario yang digariskan Sang Maha Kuasa. Hidup memang penuh ketidakpastian karena bukan kita yang mengatur dan mengurus alam semesta ini. Untuk itu sudah seharusnya kita berserah diri dengan menyerahkan semua hal pada Ilahi.

Percayalah, ketika kita menggantungkan hidup kita pada-Nya,  maka tak ada yang dikecewakan. Nikmati angin sore yang berhembus dengan memuji-muji nama Allah.  Ketika kita berserah, kita akan bersyukur atas apa pun kehendak-Nya. Dengan bersyukur, maka kenikmatan akan kita rasakan setelahnya. Kita menjadi rida menjalani rutinitas dan lembaran hari, tanpa resah menghadapinya.

Berikan Komentar: