Tips untuk Muslimah yang Ingin Berhijab

Wanita muslimah di Indonesia sudah mulai sadar berhijrah dan pentingnya untuk menutup aurat. Tak sekadar menutup aurat, mereka juga mendalami ilmu agama sembari menyempurnakan hijab mereka.

Padahal berhijab adalah wajib bagi setiap muslimah, sama dengan wajibnya shalat, zakat dan puasa. Meninggalkan dan menanggalkan hijab tentu adalah sebuah pelanggaran atau tidak tunduk atas perintah Allah Swt.

Memilih berhijab bagi sebagian orang bukanlah suatu hal yang mudah, terlebih lagi jika berhijab adalah proses berhijrah. Dari sebelumnya tidak berhijab lalu memilih berhijab, dari yang sebelumnya berada atau bergaul dengan wanita lain yang tidak berhijab lalu memilih berhijab sehingga menjadi berbeda dalam pergaulannya. Nah, berikut tips yang dirangkup untuk mulai belajar memakai hijab syar’i.

1. Pilih Bahan yang Nyaman
Bagi pemula yang pertama harus dilakukan adalah memilih bahan untuk berhijab. Dalam memilih bahan yang perlu diperhatikan adalah kesyar’iannya. Pilihlah bahan yang tidak tembus pandang dan terlalu tipis. Ada banyak jenis bahan untuk membuat hijab syari diantaranya adalah jersey, twiscone dan lainnya.

2. Pilih Hijab Sesuai Bentuk Wajah
Biasanya hijabers pemula sangat memperhatikan kecocokan antara wajah dengan hijabnya.
Nah, untuk itu ada tipsnya yaitu memilih hijab dengan sesuai dengan bentuk wajah. Jika wajah Kamu oval, hampir seluruh model hijab cocok buat Kamu. Tetapi jika wajah Kamu panjang/lonjong, jilbab dengan undercaps (ciput didalaman) hingga dahi lebih cocok karena akan membuat wajah Kamu terlihat lebih padat.

Sementara untuk wajah persegi atau kotak, jilbab dengan rounded shape/bulat lebih cocok untuk kamu pakai. Sebab wajah Kamu bisa terbingkai dan membentuk kesan oval. Kalau wajah dengan dahi lebar, hijab memakai inner yang menutupi bagian luar sisi kanan dan kiri jidat cocok untuk kamu pakai.

3. Pilih Warna yang Lembut dan Tidak Mencolok
Hal penting yang juga perlu kamu ketahui dalam berhijab adalah memilih warna. Dalam berhijab dianjurkan untuk memilih warna yang netral dan tidak mencolok. Warna yang bisa dipakai misalnya biru lembut, hitam, abu-abu, merah hati dan warna netral sejenisnya. Selain itu kamu juga harus menghindari warna yang sangat mencolok dan menarik perhatian orang.

4. Pilih yang Sesuai Budget
Banyak yang mengira kalau hijab itu harganya mahal-mahal, sehingga tidak sedikit yang menunda hijrahnya dengan alasan tidak memiliki uang. Ini tentu akan dialami oleh mereka yang sebelumnya tidak pernah berhijab.

Buat kamu yang mengalami hal ini tenang saja, sebab banyak kok hijab yang harganya bersahabat dengan kantong. Tinggal kamunya saja pintar-pintar mencari. Selama ada niat, mau usaha. InsyaAllah, Allah yang akan mudahkan.

5. Pilih Bahan yang Menyerap Keringat
Jika rambut Kamu panjang, tebal dan juga mudah berkeringat maka pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat. Kalau tidak, rambutmu akan basah, lembat dan bau sehingga membuat Kamu menjadi tidak nyaman dalam berhijab.

6. Pilih Motif yang Cocok
Saat ini jilbab hadir dengan banyak pilihan, tidak hanya warna dan bentuk tetapi jua motif. Dalam memilih motif apalagi untuk tampil secara syar’i. Maka pilihlah hijab dengan motif yang sesuai dengan pakaian, tidak mencolok dan feminim. Contohnya motif bunga, motif daun dan lain sebagainya. Hindari memilih hijab dengan gaya atau motif yang mencolok dan jauh dari nilai syar’i.

7. Tentukan Tempat Belanja Hijab
Ini juga yang tak kalah penting bagi kamu yang pemula dalam berhijab yaitu menentukan tempat belanja hijab favorit. Sebelumnya ada beberapa saran untuk kamu dalam menentukan tempat belanja hijab favorit diantaranya adalah :

Pertama, pilihlah tempat belanja hijab yang menyediakan hijab yang syar’i ini penting sebab saat ini banyak hadir hijab dengan beragam model tapi jauh dari nilai-nilai syari. Kedua adalah pilihlah menyediakan banyak pilihan menarik yang sesuai dengan diri kamu. Ketiga pilih yang harganya bersahabat dan sesuai dengan budgetmu.

Nah! untuk soalnya budget, kamu bisa mencari online shop busana muslim syar`i yang menawarkan beragam diskon untuk produknya. Diantaranya bisa anda dapatkan di MouCa Butik. Dan yang terakhir pilihlah yang menghadirkan kemudahan, jadi kalau misalnya kamu butuh jilbab hari ini pesan langsung lewat handphone bisa langsung dikirim hari itu juga dan esoknya sampai.

Itulah beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan bagi kamu sebagai hijabers pemula. Berhijab bukan saja soal gaya dalam perpenampilan tetapi lebih dari itu, berhijab adalah perintah dari Allah Swt. Niatkan berhijab sebagai ibadah dalam menjalankan perintah Allah Swt. Sembari berdoa agar selalu diberi keistiqomahan oleh Allah Swt.*

Berikan Komentar: