Persaingan Ketat, Begini Cara Startup Lokal Gaet Konsumen

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara konsumen memperoleh informasi, berkomunikasi dan berbelanja, terutama di kalangan konsumen milenial yang jumlahnya semakin besar. Konsumen pun menjadi semakin tersegmentasi.

Untuk bisa menjangkau pasar ini, MouCa, sebuah brand startup lokal asal Kota Medan di bidang busana muslim mengaku terus melakukan peningkatan kualitas dan inovasi secara menyeluruh dalam menjangkau konsumen secara tepat di berbagai segmen, diantaranya segmen online maupun offline.

“Untuk menjangkau konsumen di dua segmen tersebut, kami terus melakukan inovasi diantaranya memperbanyak outlet di departement store yang ada di Indonesia, sementara untuk pasar online sendiri kami telah melakukan penjualan di beberapa marketplace seperti shopee, facebook, Instagram bahkan telah memiliki website sendiri dengan nama domain mouca.co.id,” ujar Sofya Moureen selaku desainer sekaligus owner Brand MouCa Sabtu, (13/4/2019).

Untuk pasar offline, Moureen mengaku telah memiliki sebelas outlet di departement store yang ada di Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan, untuk pulau Sumatera sudah tersedia di Sogo Sun Plaza Mall Medan, Parkson Centre Point Mall Medan, Matahari Bencoolen Mall Bengkulu. Untuk Pulau Jawa berada di Centro Pesona Square Depok, Centro Icon Mall Gresik, Sogo Paris Van Java Mall Bandung dan lain-lain.

Sementara untuk segmen penjualan online sendiri Moureen mengakui memang memiliki persaingan yang sangat ketat dengan nama besar brand busana muslim lainnya, namun dengan kualitas bahan premium dan desain terbaru yang ia tawarkan kepada konsumen ia mengaku tidak mengkhawatirkan hal tersebut.

“Untuk segmen pasar online sendiri, memang kami memiliki persaingan sangat ketat dengan brand terkenal lainnya. Sekarang tinggal konsumen yang menilai. Yang pastinya produk hijab kami dijamin terbuat dari bahan berkualitas premium, sehingga bisa tahan dipakai bertahun-tahun,” ujar Moureen, peraih tokoh wanita Inspiratif Sumut 2018 ini.*

*Artikel ini sudah terbit di berbagai media cetak dan online