fbpx

BE PART OF A CHANGE (SUSTAINABLE FASHION)

SUSTAINABLE FASHION MOUCA by Moureen

SUSTAINABLE FASHION tidaklah sama dengan eco-fashion yang berfokus pada pesan ramah lingkungan. Sustainable fashion memiliki pendekatan yang jauh lebih holistik, yakni mengaitkan imbas dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi fashion terhadap bumi dan seisinya. Misinya pun terarah pada upaya mendorong industri mode tidak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga membawa nilai lebih berupa kesejahteraan bagi lingkungan, sosial, dan ekonomi.

Diera sekarang ini istilah sustainable fashion semakin sering diperbincangkan di berbagai forum dalam beberapa tahun terakhir. Secara harfiah, ini mengacu pada konsep mode berkelanjutan, baik pakaian maupun aksesori, yang dibuat dan dikonsumsi dengan memperhitungkan aspek lingkungan dan sosial-ekonomi. Gerakan sustainable fashion muncul sebagai upaya mengatasi dampak buruk dari industri fashion terhadap lingkungan, di mana menurut data The Business Research Company, setiap tahunnya sektor ini menyumbang 1,2 milyar ton gas karbon, dan juga bertanggung jawab atas 35% dari jumlah total limbah microplastic dunia.

Sustainable Fashion Sebagai Industri Halal

Prinsip praktik bisnis sustainable fashion memiliki kemiripan dengan industri halal yang berpedoman pada syariat Islam, di mana kegiatan ekonomi, meskipun bertujuan untuk mencapai keuntungan tetap harus membawa manfaat bagi sekitarnya dan bertujuan demi kesejahteraan bersama. Dalam industri halal pun praktik produksi juga diharuskan memperhatikan kelestarian dan imbas terhadap lingkungan.

Karena kemiripan prinsip bisnis, maka tak heran jika kemudian sustainable fashion dinilai akan menjadi sektor unggulan dalam pengembangan industri halal dunia. Pada dasarnya industri fashion muslim saja sudah cukup besar peluangnya, seperti dalam laporan State of the Global Islamic Economy yang memprediksi bahwa industri fashion muslim akan bernilai sekitar 402 miliar USD pada 2024 mendatang. Angka tersebut sebagian besar dikuasai oleh pasar generasi milenial yang menurut studi Business of Fashion pada 2018 lalu, merupakan generasi yang mementingkan konsep keberlanjutan untuk produk-produk yang dikonsumsinya. Bahkan 66% dari generasi milenial ini rela mengeluarkan dana lebih demi mendapatkan produk yang sustainable.

Find us at :

https://instagram.com/moucaofficial?utm_medium=copy_link

https://www.youtube.com/watch?v=qbHBfsW3DRk&t=187s

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar: