Pentingnya Mengajarkan Anak Mencintai Hijab Sejak Dini

Assalamu’alaikum parents,

Kali ini saya, Sofya Moureen, ingin berbagi cerita dan tips bagaimana mengajarkan anak untuk mencintai hijab sejak dini.

Sebagaimana kita ketahui bersama perintah berhijab adalah wajib hukumnya bagi wanita yang telah akil baligh. Untuk itu sebaiknya mengenalkan hijab hendaknya dilakukan oleh orang tua sejak usia dini. Demikian halnya dengan saya pribadi yg memiliki 3 orang putri, yang mana 2 dari 3 putri tersebut dalam tahap usia menuju baligh.

Membiasakan mereka berhijab setiap kali hendak keluar dari rumah sangat baik agar anak terbiasa hingga ia baligh. Dengan kebiasaan itu maka akan terlahir rasa malu saat ia tidak memakainya, sama seperti pakaian. Jika tidak menggunakan pakian tentu mereka akan malu, selain itu juga dapat menumbuhkan kecintaannya pada hijab.

Di sini saya akan membagikan tips agar putri Anda belajar mengenakan hijab sejak dini,

1. Biasakan untuk membelikan pakaian muslimah atau panjang (tertutup/sopan). Cobalah untuk menerapkan pakaian sopan sejak kecil, paling tidak pakaian yang digunakan panjang, sopan, rapih. Tidak harus setiap saat berpakaian muslimah. Paling tidak ajarkan ia jika hendak bepergian atau keluar rumah untuk memakai pakaian muslimah ,panjang,sopan dan rapih dengan hijabnya.

2. Berikan motivasi dan pujian untuknya.Misalnya ketika putri anda menggunakan jilbabnya, pujilah jika ia terlihat lebih cantik,anggun, sholeha jika memakai hijab. Berikan juga hadiah untuknya yang sifatnya positif. Jangan lupa berikan dukungan dan motivasi kepadanya agar mencintai Allah dengan sepenuhnya salah satunya dengan menutup auratnya.

3. Pilihkan model dan bahan hijab yang nyaman ini merupakan hal penting yang harus diketahui oleh para bunda agar anak merasa nyaman ketika manggunakan hijab, maka pilihkan bahan yang tidak panas, lembut, ringan, mudah menyerap keringan, dan tidak terlalu besar agar anak betah menggenakannya.

4. Tempatkan anak pada lingkungan yang mendukung lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku dan pergaulan anak. Maka jangan salah memilihkan tempat yang baik untuk ia belajar bersosialisasi, bergaul, menuntut ilmu. Jika ia telah memasuki usia sekolah, pilihkan lembaga yang dapat mendukung tumbuh kembangnya dengan baik, memiliki nilai-nilai keislaman yang baik, sehingga hal tersebut dapat membantu orang tua dalam mendidik anak sesuai dengan anjuran dan syariat Islam.

5.Berikan contoh yang baik. Jika mengajarkan anak berhijab, tentu bundanya pun telah berhijab. Secara tidak langsung anak akan mencontohkan kapan bundanya memakai dan melepas jilbabnya. Oleh karna itu berikan contoh nyata kepadanya, saat berada di rumah boleh melepaskannya.

6. Berikan inspirasi memotivasi. Pada zaman sekarang kebanyakan anak yang mulai memasuki usia remaja mulai meninggalkan hijab karna penggaruh trend busana dari barat. Untuk itu bunda harus memberikan motivasi bahwa hijab juga merupakan trend yang tidak akan pernah habis dimakan waktu.

Ajarkan anak ketika berkegiatan mengenakan hijab agar dapat menggajak teman -temannya untuk menggenakan hijab juga sepertinya, secara tidak langsung putri bunda membantu temannya untuk taat kepada Allah.

Semoga sharing pengalaman ini dapat berguna bagi para parent untuk menerapkan syariat agama kepada putri tercinta.

Wassalamu’alaikum,

Ulasan Profil Sofya Moureen di Media

Surat kabar ekonomi dan bisnis MedanBisnis mengulas profil Sofya Moureen yang tak asing lagi adalah owner dan desainer busana muslim brand Mouca by Moreen. Kami tentu saja sangat bangga dan semoga ulasan tersebut dapat mengispirasi kalangan hijabers yang ingin memulai usaha di bidang fashion, terutama busana muslim. Oya, buat yang ingin jadi reseller brand MouCa, sudah bisa lho daftar di sini.Continue Reading >>>

Memulai Bisnis dengan Menjadi Reseller yang Sukses

Apakah Anda ingin memulai bisnis dengan menjadi reseller? Ya, reseller online saat ini telah menjadi aktifitas utama untuk mencari penghasilan melalui media sosial (online). Untuk sebagian orang menjadi reseller online hanya dijadikan sebagai bisnis sampingan saja, namun sebenarnya menjadi reseller online telah terbukti bisa mendatangkan keuntungan yang besar maka pekerjaan ini sekarang telah banyak digeluti oleh para pengguna sosial media (internet).Continue Reading >>>